RI kirim 48 peserta pada gelaran UMKM Merdeka Export 2023 di Malaysia

Situs – Indonesia mengirimkan 48 peserta pada gelaran kegiatan UMKM Merdeka Export 2023 Melaka-Malaysia pada 7-11 Desember 2023 di Hotel Tun Fatimah Riverside, Kota Melaka, Malaysia.

Tujuan penyelenggaraan UMKM Merdeka Export 2023 Melaka-Malaysia tersebut yakni untuk memberikan kesempatan emas bagi pengusaha UMKM Indonesia agar terhubung dengan pelanggan dan mitra bisnis baru di Malaysia, sambil mendekati pasar Singapura, Thailand, dan Korea.

“Acara ini bertujuan untuk memamerkan produk unggulan Indonesia di Malaysia dan menciptakan kemitraan yang saling menguntungkan,” kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, selaku perwakilan dari Indonesia dan inisiator acara, di Jakarta, Selasa.

Rohidin menyebutkan, berbagai produk Indonesia yang dipamerkan dalam kegiatan tersebut mencakup beragam bidang, di antaranya kerajinan tangan, tekstil, makanan tradisional, produk perawatan tubuh alami, hingga peralatan rumah tangga berkualitas tinggi. Seluruh produk tersebut mencerminkan keunikan dan keahlian dari para perajin Indonesia.

Acara UMKM Merdeka Export 2023 Melaka-Malaysia dihadiri sejumlah tokoh tokoh penting dari Indonesia dan Malaysia, yaitu Konsulat Jenderal Republik Indonesia Johor Bahru Sigit Suryantoro Widiyanto serta ⁠EXCO Melaka Allex Seah Shoo Chin.

Penyelenggaraan UMKM Export 2023 awalnya dijadwalkan pada tanggal 9 hingga 13 November 2023, namun mengalami perubahan jadwal menjadi tanggal 7 hingga 11 Desember 2023.

Adapun salah satu wilayah yang mempromosikan produk unggulan daerah pada kegiatan tersebut yakni Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko Nurdiana mengungkapkan pihaknya membawa dua pelaku UMKM, yakni Gibran Food dan Dendeng Jantung Pisang, untuk mengikuti UMKM Merdeka Export 2023.

“Kami tidak dapat membawa banyak kuliner ke sana karena kapasitasnya terbatas, sehingga kami memutuskan untuk membawa kuliner dari Kecamatan Kota Mukomuko,” kata Nurdiana di Mukomuko, Senin (4/12).

Nurdiana menjelaskan bahwa dua jenis kuliner dari daerah tersebut telah sering berpartisipasi dalam pameran kuliner, baik di tingkat provinsi maupun nasional, sehingga pihaknya berharap kedua produk kuliner tersebut dapat dipromosikan ke tingkat internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *