SIG pasok 2.630 unit pemecah gelombang jenis tetrapod di Raja Ampat

Situs – PT Varia Usaha Beton (VUB) sebagai unit usaha dari BUMN Semen Indonesia Group (SIG) memasok 2.630 unit pemecah gelombang jenis tetrapod di Pulau Fani, Raja Ampat, Papua Barat Daya pada bulan Juli 2023.

Proyek ini merupakan upaya pelestarian kawasan wisata Raja Ampat yang telah ditetapkan sebagai destinasi wisata prioritas oleh pemerintah. Tetrapod dengan berat 1,2 ton per unit itu diproduksi di Plant Beton Precast VUB Gresik, Jawa Timur.

“Tetrapod buatan VUB di Pulau Fani ini digunakan untuk memecah gelombang ombak air laut agar tidak merusak keindahan dan keasrian pantai, sekaligus melindunginya dari ancaman abrasi. Keberadaan Pulau Fani yang merupakan pulau terluar yang terletak di Samudera Pasifik, membuatnya memiliki potensi abrasi yang cukup besar,” kata Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni dalam keterangan resmi diJakarta, Kamis.

Lebih lanjut, tetrapod produk dari VUB disebut terbukti unggul secara kualitas karena diproduksi dengan bahan dasar DuPro+, produk SIG yang menghasilkan beton dengan panas hidrasi rendah dan ketahanan optimal terhadap sulfat serta klorida. Keunggulan lain yang dimiliki yaitu ketepatan dalam jumlah dan waktu produksi, serta proses pengiriman

Pemecah gelombang tetrapod buatan VUB juga dinyatakan telah dipasok ke sejumlah proyek strategis, antara lain Daerah Aliran Sungai (DAS) Bogowonto sebanyak 586 tetrapod dengan berat 1,8 ton per unit, Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang sebanyak 1.000 unit dengan berat 1 ton, dan kawasan wisata Tanah Lot di Bali dengan jenis tetrapod yang dipasok seberat 10 ton per unit.

Menurut Vita, kontribusi dalam berbagai proyek pembangunan menunjukkan kepercayaan publik yang tinggi terhadap produk-produk VUB.

“SIG berkomitmen untuk terus berinovasi menciptakan solusi layanan dan produk yang memenuhi beragam kebutuhan pembangunan. Ini adalah bukti bahwa solusi dari SIG bukan hanya untuk konstruksi perumahan dan infrastruktur, tapi juga untuk pengendalian lingkungan dengan memanfaatkan solusi seperti tetrapod ini. Hal ini sejalan dengan komitmen sustainability SIG pada pilar Mendorong Solusi dan Inovasi Berkelanjutan,” ujar Vita Mahreyni.

VUB adalah salah satu unit usaha SIG yang memproduksi berbagai macam produk beton, antara lain beton siap pakai, beton pracetak, beton masonry, crushed stone, hingga jasa konstruksi dan sewa peralatan.

“Produk dan layanan VUB tersebut memiliki tiga keunggulan yaitu tepat mutu, tepat waktu, tepat jumlah, serta ramah lingkungan, karena didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten dan kelengkapan mesin dan peralatan yang sesuai standar dan serba otomatis,” ungkap dia.

Exit mobile version